Kapolda Kaltim Kunjungi Sangkima Jungle Park (SJP) Taman Nasional Kutai

Kamis, 13 Februari 2020, seperti hari biasa Sangkima Jungle Park ramai dikunjungi wisatawan baik domestic maupun mancanegara. Sejak launching pada bulan November 2019, Sangkima Jungle park tidak pernah sepi pengunjung. Fasilitas baru berupa amphiteatre yang berkapasitas 300 orang, Balai Pertemuan, Jungle trekking dan fasilitas lainnya sangat mendukung berbagai kegiatan khususnya kegiatan pendidikan lingkungan dan kegiatan kelompok kategorial lainnya.

Yang istimewa pada hari Kamis, 13 Februari 2020, Sangkima Jungle Park SJP) mendadak kedatangan tamu istimewa dari Balikpapan, Irjen Pol. Drs Muktiono, SH.,MH. Kapolda Kalimantan Timur beserta rombongan. Kunjungan ke SJP sebagai rangkaian kunjungan ke Sangatta Kabupaten Kutai Timur.

Disambut oleh Kepala resort Sangkima, Rif’an Arifaini, S.Hut., dan staf Balai Taman Nasional Kutai di welcome area Sangkima Jungle Park, sebagaimana standar pelayanan wisata, kepala resort menjelaskan tentang Wisata Alam Sangkima dan potensi serta atraksi wisata yang terdapat di Sangkima Jungle Park.

Berkunjung ke Sangkima, memang belum sah apabila tidak melihat ulin Raksasa, potensi yang paling terkenal di Sangkima Jungle Park, pohon ulin terbesar di dunia yang berdiameter 2.47m. Pohon tersebut diperkirakan berumur lebih dari 1000 tahun. Demikian pula dengan Kapolda Kaltim yang mengunjungi Sangkima Jungle Park, khususnya karena ingin melihat dari dekat pohon ulin raksasa.

Jarak tempuh dari welcome area sejauh 970 m, bukan halangan untuk melihat pohon yang sangat fenomenal tersebut. Apalagi sepanjang perjalanan menuju pohon ulin juga merupakan atraksi wisata berupa boardwalk dari papan ulin yang melintasi hutan hujan Diptrocarpaceae, yang menyajikan pemandangan alam serta suasana damai yang mungkin tidak bisa ditemukan di tempat lain. Bagi yang tertarik dengan pengenalan jenis-jenis flora, disepanjang boardwalk terdapat pohon-pohon yang sudah berlabel dan dapat diidentifikasi dengan membawa leaflet list tumbuhan.

Dalam kunjungan ke Ulin Raksasa, Kapolda Kaltim bertemu dengan beberapa pengunjung lainnya. Menjadi kebahagiaan tersendiri bagi pengunjung lain yang berkesempatan bertemu orang nomor 1 di wilayah kepolisian Kaltim, ditengah hutan dan dapat mendokumentasikan pertemuan melalui foto bersama di depan pohon Ulin raksasa Sangkima.

Kunjungan Kapolda Kaltim ke Sangkima Jungle Park, Taman Nasional Kutai merupakan kebanggaan tersendiri bagai balai TN Kutai. Kepala Balai TN Kutai memberikan apresiasi yang sangat tinggi kepada Kapolda Kaltim atas kunjungan ke TN Kutai. Semoga kunjungan ke TN Kutai semakin memperkuat tali silaturahmi dan sinergitas dalam mendukung upaya konservasi di TN Kutai dan Kalimantan Timur secara umum.

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Berita Lainnya