Patroli Pengamanan Kawasan

patroli pengamanan

Jeram disepanjang sungai serta  derasnya arus tidak menyurutkan semangat Polhut Balai Taman Nasional Kutai dalam bekerja. Menjalankan tugas dan tanggung jawab untuk menjaga dan menyelamatkan aset masyarakat Indonesia dan masyarakat Kalimantan Timur secara khusus,  berupa kelestarian Taman Nasional Kutai,  menjadi tujuan prioritas dalam bekerja.

Patroli secara rutin  tanpa mengenal waktu dilakukan secara konsisten untuk mencegah gangguan terhadap kawasan. Penerapan pengelolaan berbasis resort  untuk mencegah kehilangan aset potensi hutan baik kehilangan potensi kayu maupun gangguan pada ekosistem berupa perubahan tutupan lahan dan bentang alam, diharapkan menjadi solusi. Dengan membagi kawasan menjadi 6 resort diharapkan dapat memudahkan dalam memantau keamanan kawasan. Namun keterbatasan SDM serta aksesibilitas menjadi faktor pembatas bagi Balai Taman Nasional Kutai. Kasus illegal logging dan pengrusakan kawasan masih terjadi. 

Situasi dan kondisi ini tidak menyurutkan semangat para penjaga hutan (Polhut) Taman Nasional Kutai. Seperti yang terjadi pada  Kamis,  27 Mei 2021,  setelah melakukan pemantauan, mereka menemukan kegiatan illegal logging disalah satu titik kawasan.  Tim Polhut SPTN I Sangatta langsung meluncur ke target. Derasnya arus Sungai Sangatta, serta gelapnya malam  tidak menjadi penghalang bagi mereka. Benar kata pepatah  yang menyatakan  bahwa: “Usaha tidak akan pernah membohongi hasil”. Usaha dan semangat mereka tidak sia-sia.  Berkat semangat yang tinggi serta tindakan yang cepat dan tepat, akhirnya tim menemukan barang bukti berupa kayu hasil kegiatan illegal logging serta kapal yang digunakan untuk mengangkut kayu.  Tersangka tidak berhasil ditemukan, karena dalam upaya pengejaran, Tim kehabisan bahan bakar serta kondisi yang sudah larut malam, bahkan sudah menjelang dini hari. Temuan berupa kayu olahan dimusnahkan dilokasi sedangkan kapal diamankan sebagai barang bukti. Sebagai tindak lanjut, barang bukti dibawa ke tempat penyimpanan barang bukti Balai TN Kutai, untuk  selanjutnya akan ditindaklanjuti sesuai peraturan yang berlaku.  

 

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Berita Lainnya