Rapat Tahunan OC/SC Mitra TN Kutai

Bontang, 28 Juni 2021

Bangga menjadi MITRA, demikian slogan anggota Mitra TN Kutai. Slogan ini yang selalu menjiwai perjalanan Mitra TN Kutai yang sudah menginjak umur ke 26  tahun menjadi partner Balai Taman Nasional Kutai dalam mengelola kawasan Taman Nasional Kutai.

Mitra TN Kutai bermula  pada tanggal 30 April Tahun 1994 atas dasar MoU yang ditandatangani oleh Dirjen PHPA dan perwakilan dari 6 perusahaan yaitu PT. Pertamina, PT. Badak NGL, PT. Porodisa, PT. Kiani Lestari,  PT. Surya Hutani Jaya, dan PT. Kaltim Prima coal dan pada tanggal 29 Juni 1995 ditindaklanjuti dengan Surat Keputusan Dirjen PHPA No. 121/Kpts/DJ-VI/1995 dengan membentuk Panitia Pengarah (Steering Committee) dan Panitia Pelaksana (Operating Committee) Mitra TN Kutai, serta penambahan 2 anggota menjadi 8 Perusahaan yaitu PT. Indominco Mandiri dan PT. Pupuk Kaltim. Dalam perjalanan selama 26 tahun, terjadi dinamika keanggotaan dimana terdapat beberapa perusahaan yang keluar dan bergabung hingga saat ini jumlah anggota mitra TN Kutai menjadi 12 perusahaan yaitu PT. Pertamina EP Asset 5 Sangatta Field, PT. Surya Hutani Jaya, PT. Kaltim Prima Coal, PT. Badak NGL., PT. Pupuk Kaltim, PT. Indominco Mandiri, PT. PAMAPERSADA NUSANTARA site INDO,  PT. PAMA PERSADA NUSANTARA Site KPCS, PT. Kaltim Methanol Industri, PT. Kaltim Parna Industri, PT. Kaltim Nitrate Indonesia dan PT. Pertamina Gas.

Selama 26 tahun dalam mendukung Balai TN Kutai, Mitra TN Kutai secara konsisten mendukung kegiatan Balai, terutama menjadi komplementer terhadap program-program penting yang belum terakomodir dari pembiayaan APBN/Dipa. Berbagai program telah dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas pengelolaan TN Kutai dengan dukungan utama berupa pembangunan sarana prasarana wisata dan pendidikan lingkungan, pemberdayaan masyarakat dan kampanye.  Pada tahun 2020, Mitra TN Kutai mendukung persiapan dan pelaksanaan kegiatan Hari Konservasi Alam nasional (HKAN) yang diselenggarakan di Bontang Mangrove Park, berupa persiapan sarana prasarana pendukung wisata dan dukungan program kegiatan bebas sampah melalui penyediaan kotak makan. Selain kegiatan tersebut, Mitra TN Kutai juga mendukung kegiatan pemberdayaan masyarakat, dan promosi Taman Nasional Kutai

Untuk memastikan program kerja Mitra dapat berlangsung dengan baik, para anggota Mitra TN Kutai selalu mengagendakan rapat rutin bulanan dan rapat tahunan sebagaimana yang dilaksanakan pada hari Senin, 28 Juni 2021 yang terselenggara secara Daring dan Luring di Ruang Rapat Kantor Balai TN Kutai.   Selain dihadiri oleh Anggota Mitra TN Kutai, rapat juga dihadiri oleh Sekditjen KSDAE Bapak Tandya Tjahjana, juga selaku Direktur PIKA yang hadir secara virtual menyampaikan arahan terkait pelaksanaan kemitraan dalam pengelolaan kawasan konservasi. Agenda lain dalam rapat rutin Mitra TN Kutai kali ini adalah penyampaian laporan tahun 2020 dan diakhir acara ditutup dengan penandatanganan Komitmen Tahun 2021.

Secara keseluruhan program kegiatan Mitra TN Kutai disusun dalam sebuah Rencana Strategis  lima tahunan yang didetailkan dalam rencana tahunan yang ditandatangani oleh seluruh perwakilan Mitra TN Kutai dalam forum rapat tahunan Mitra TN Kutai. Program mitra TN Kutai tidak hanya terbatas pada apa yang direncanakan pada setiap tahun anggaran. Namun secara insidentil terdapat beberapa kegiatan yang didukung oleh anggota mitra secara in kind sesuai dengan kebutuhan pengelolaan Taman Nasional Kutai. Sehingga peran mitra sangat penting dalam memperkuat kelembagaan Taman Nasional Kutai. Semoga dukungan tersebut terus terjaga dan senantiasa “Bangga menjadi Mitra”. 

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Berita Lainnya