Bontang Mangrove Park

BONTANG MANGROVE PARK
Feel the breeze, refresh tour mind

Bontang Mangrove Park merupakan kawasan hutan mangrove Taman Nasional Kutai yang berlokasi di Kota Bontang. Sebagai sebuah kota industri, kehadiran Bontang Mangrove Park di Kota Bontang memberikan nuansa yang berbeda. Meskipun Kota Bontang merupakan kawasan yang dikelilingi laut dan hutan mangrove, namun di Bontang Mangrove Park inilah wisatawan bisa menikmati suasana alami di dalam hutan mangrove.

Dengan mengusung konsep "konservasi, edukasi, dan rekreasi", wisatawan bisa menikmati keindahan hutan mangrove melalui jalur wisata berupa jalan titian dari kayu ulin sepanjang 2 km. Sepanjang jalur tersebut, wisatawan bisa mempelajari formasi vegetasi mangrove dan keragaman jenis vegetasi mangrove yang memiliki keunikan masing-masing.

Saat berkunjung di pagi hari, wisatawan akan disambut nyanyian merdu burung remetuk laut (Gerygone sulphurea), suara ribut burung cekakak sungai (Todiramphus chloris), dan riuhnya burung-burung penguhi mangrove lainnya. Suasana syahdu hutan mangrove saat air pasang tinggi, ramainya monyet ekor panjang yang sedang mencari makan, anggunnya burung bangau tongtong (Leptoptilos javanicus) dan elang bondol (Haliastur indus) yang terbang melayang-layang, serta rombongan burung kuntul yang melintasi perairan untuk pulang ke sarang saat senja hari, akan menjadi kenangan indah bagi wisatawan.

Dengan konsep edukasi yang diusung dalam pengelolaan Bontang Mangrove Park, maka wisatawan yang berkunjung ke Bontang Mangrove Park akan selalu diajarkan untuk menghargai alam, seperti menjaga ketenangan di dalam hutan, meminta wisatawan untuk bertanggung jawab terhadap sampah masing-masing dengan membawa kembali sampah ke luar hutan, tidak merusak tumbuhan di dalam hutan, dan tidak memberi makan satwa agar tidak mengubah perilaku satwa tersebut.

Waktu pelayanan loket Bontang Mangrove Park:

  1. Senin s.d. Kamis: 08.00 – 17.00
  2. Jumat: 15.00 – 17.00
  3. Sabtu, Minggu, dan Hari Libur Nasional: 08.00 – 17.00

Contact person: Jalani (0853 8944 5277).