Prevab

PREVAB
Let’s get closer to Morio

Prevab merupakan objek wisata alam di Taman Nasional Kutai yang secara administratif berada di Kabupaten Kutai Timur dan berlokasi di tepi Sungai Sangatta, batas utara Taman Nasional Kutai. Objek wisata yang lokasinya cukup tersembunyi ini merupakan habitat satu-satunya kera besar Asia, yaitu orangutan. Orangutan di Taman Nasional Kutai merupakan orangutan sub spesies morio (Pongo pygmaeus morio), yang merupakan sub spesies orangutan di Kalimantan bagian timur. Keberadaan orangutan liar di habitat aslinya ini telah menarik minat banyak wisatawan, khususnya wisatawan mancanegara, untuk mengunjungi kawasan ini.

Selain pengamatan orangutan yang menjadi atraksi utama objek wisata alam Prevab, wisatawan juga dapat menikmati keindahan pemandangan hutan hujan tropis dataran rendah yang merupakan habitat bagi berbagai jenis satwa. Selain orangutan, satwa yang dapat dijumpai di kawasan ini antara lain adalah monyet ekor panjang (Macaca fascicularis) yang sering terlihat di sepanjang sungai menuju Prevab dan berbagai jenis burung termasuk beberapa jenis burung enggang (Bucerotidae) yang sering terlihat bertengger di pepohonan tinggi sambil memperdengarkan suara kerasnya atau terdengar deru kepak sayapnya hingga lantai hutan. Berbagai jenis serangga unik juga dapat ditemui di kawasan ini, salah satunya adalah lanternfly (Fulgoridae).

Penjelajahan hutan di Prevab untuk mencari orangutan dibagi dalam dua waktu, yaitu penjelajahan pagi dan penjelajahan siang. Wisatawan wajib dipandu oleh petugas, mengingat jalur pengamatan merupakan jalur penelitian dan untuk mencari orangutan seringkali harus masuk ke hutan dan tidak mengikuti jalur yang ada.

Selanjutnya, malam di Prevab bukan hanya sekedar untuk menikmati makan malam dan dilanjutkan beristirahat diiringi suara-suara satwa malam. Ketika siang hari wisatwan dapat mengagumi tingkah-polah orangutan, maka malam pun menawarkan keindahan hutan yang terbalut kegelapan. Malam di Prevab adalah malam penjelajahan. Atraksi yang ditawarkan pada penjelajahan malam adalah pengamatan laba-laba tarantula. Selain itu, berbagai jenis burung yang sedang berisitrahat, seperti raja-udang api (Ceyx erithaca), paok hijau (Pitta sordida), dan paok kepala-biru (Hydrornis baudii) akan melengkapi keindahan jelajah malam di Prevab.
Wisatawan bisa masuk ke objek wisata alam Prevab maksimal pada pukul 16.00.

Contact person: Ikbal (0821 5707 4440).