Sangkima Jungle Park

SANGKIMA JUNGLE PARK
The wonder of giant ironwood tree

Sangkima Jungle Park, hamparan hutan hujan tropis dataran rendah di Taman Nasional Kutai, merupakan salah satu objek wisata alam yang secara administratif berada di Kabupaten Kutai Timur. Lokasinya yang berada tepat di pinggir jalan poros Bontang Sangatta menjadikan objek wisata ini sangat mudah dijangkau kendaraan umum, sehingga mudah juga untuk dikunjungi.

Vegetasi di kawasan ini merupakan asosiasi jenis ulin (Eusideroxylon zwageri), meranti (Shorea spp), dan kapur (Dryobalanops spp). Sedangkan jenis tumbuhan lain yang ada merupakan tumbuhan yang mengawali proses suksesi setelah kebakaran hutan pada tahun 1997/1998, seperti marga Macaranga dan Syzygium yang kini mulai digantikan oleh tumbuhan fase berikutnya untuk melanjutkan suksesi alam. Keagungan rimba Kalimantan ditandai dengan adanya pohon ulin raksasa yang berdiri megah di tengah belantara. Pohon ulin yang diperkirakan telah berusia lebih dari 1.000 tahun dan memiliki diameter 2,49 meter tersebut merupakan salah satu atraksi wisata yang dapat ditemukan setelah menyusuri titian kayu sepanjang kurang lebih 900 meter.

Penjelajahan Sangkima tidak berakhir di pohon ulin raksasa. Wisatawan yang ingin melanjutkan penjelajahan, dapat mengelilingi trek wisata sepanjang 4 km. Setelah ulin raksasa, wisatawan akan melalui jalan setapak dengan kondisi tropografi datar hingga berbukit. Beberapa aliran sungai di sepanjang jalur wisata dapat dilewati dengan meniti jembatan gantung dan jembatan sling. Pada pertengahan jalur wisata, wisatawan akan mencapai Puncak Meranti, puncak tertinggi Sangkima Jungle Park. Di tempat ini, wisatawan dapat menikmati keindahan hutan tropis dari ketinggian rumah pohon.

Waktu pelayanan loket Sangkima adalah pukul 08.00 s.d. 16.00.
Contact person: Rifan (0812 7121 984).