Wisata

PREVAB
Let’s get closer to Morio

Prevab merupakan objek wisata alam di Taman Nasional Kutai yang secara administratif berada di Kabupaten Kutai Timur dan berlokasi di tepi Sungai Sangatta, batas utara Taman Nasional Kutai. Objek wisata yang lokasinya cukup tersembunyi ini merupakan habitat satu-satunya kera besar Asia, yaitu orangutan. Orangutan di Taman Nasional Kutai merupakan orangutan sub spesies morio (Pongo pygmaeus morio), yang merupakan sub spesies orangutan di Kalimantan bagian timur. Keberadaan orangutan liar di habitat aslinya ini telah menarik minat banyak wisatawan, khususnya wisatawan mancanegara, untuk mengunjungi kawasan ini.

Selain pengamatan orangutan yang menjadi atraksi utama objek wisata alam Prevab, wisatawan juga dapat menikmati keindahan pemandangan hutan hujan tropis dataran rendah yang merupakan habitat bagi berbagai jenis satwa. Selain orangutan, satwa yang dapat dijumpai di kawasan ini antara lain adalah monyet ekor panjang (Macaca fascicularis) yang sering terlihat di sepanjang sungai menuju Prevab dan berbagai jenis burung termasuk beberapa jenis burung enggang (Bucerotidae) yang sering terlihat bertengger di pepohonan tinggi sambil memperdengarkan suara kerasnya atau terdengar deru kepak sayapnya hingga lantai hutan. Berbagai jenis serangga unik juga dapat ditemui di kawasan ini, salah satunya adalah lanternfly (Fulgoridae).

Penjelajahan hutan di Prevab untuk mencari orangutan dibagi dalam dua waktu, yaitu penjelajahan pagi dan penjelajahan siang. Wisatawan wajib dipandu oleh petugas, mengingat jalur pengamatan merupakan jalur penelitian dan untuk mencari orangutan seringkali harus masuk ke hutan dan tidak mengikuti jalur yang ada.

Selanjutnya, malam di Prevab bukan hanya sekedar untuk menikmati makan malam dan dilanjutkan beristirahat diiringi suara-suara satwa malam. Ketika siang hari wisatwan dapat mengagumi tingkah-polah orangutan, maka malam pun menawarkan keindahan hutan yang terbalut kegelapan. Malam di Prevab adalah malam penjelajahan. Atraksi yang ditawarkan pada penjelajahan malam adalah pengamatan laba-laba tarantula. Selain itu, berbagai jenis burung yang sedang berisitrahat, seperti raja-udang api (Ceyx erithaca), paok hijau (Pitta sordida), dan paok kepala-biru (Hydrornis baudii) akan melengkapi keindahan jelajah malam di Prevab.
Wisatawan bisa masuk ke objek wisata alam Prevab maksimal pada pukul 16.00.

Contact person: Ikbal (0821 5707 4440).

 

SANGKIMA JUNGLE PARK
The wonder of giant ironwood tree

Sangkima Jungle Park, hamparan hutan hujan tropis dataran rendah di Taman Nasional Kutai, merupakan salah satu objek wisata alam yang secara administratif berada di Kabupaten Kutai Timur. Lokasinya yang berada tepat di pinggir jalan poros Bontang Sangatta menjadikan objek wisata ini sangat mudah dijangkau kendaraan umum, sehingga mudah juga untuk dikunjungi.

Vegetasi di kawasan ini merupakan asosiasi jenis ulin (Eusideroxylon zwageri), meranti (Shorea spp), dan kapur (Dryobalanops spp). Sedangkan jenis tumbuhan lain yang ada merupakan tumbuhan yang mengawali proses suksesi setelah kebakaran hutan pada tahun 1997/1998, seperti marga Macaranga dan Syzygium yang kini mulai digantikan oleh tumbuhan fase berikutnya untuk melanjutkan suksesi alam. Keagungan rimba Kalimantan ditandai dengan adanya pohon ulin raksasa yang berdiri megah di tengah belantara. Pohon ulin yang diperkirakan telah berusia lebih dari 1.000 tahun dan memiliki diameter 2,49 meter tersebut merupakan salah satu atraksi wisata yang dapat ditemukan setelah menyusuri titian kayu sepanjang kurang lebih 900 meter.

Penjelajahan Sangkima tidak berakhir di pohon ulin raksasa. Wisatawan yang ingin melanjutkan penjelajahan, dapat mengelilingi trek wisata sepanjang 4 km. Setelah ulin raksasa, wisatawan akan melalui jalan setapak dengan kondisi tropografi datar hingga berbukit. Beberapa aliran sungai di sepanjang jalur wisata dapat dilewati dengan meniti jembatan gantung dan jembatan sling. Pada pertengahan jalur wisata, wisatawan akan mencapai Puncak Meranti, puncak tertinggi Sangkima Jungle Park. Di tempat ini, wisatawan dapat menikmati keindahan hutan tropis dari ketinggian rumah pohon.

Waktu pelayanan loket Sangkima adalah pukul 08.00 s.d. 16.00.
Contact person: Rifan (0812 7121 984).

 

BONTANG MANGROVE PARK
Feel the breeze, refresh tour mind

Bontang Mangrove Park merupakan kawasan hutan mangrove Taman Nasional Kutai yang berlokasi di Kota Bontang. Sebagai sebuah kota industri, kehadiran Bontang Mangrove Park di Kota Bontang memberikan nuansa yang berbeda. Meskipun Kota Bontang merupakan kawasan yang dikelilingi laut dan hutan mangrove, namun di Bontang Mangrove Park inilah wisatawan bisa menikmati suasana alami di dalam hutan mangrove.

Dengan mengusung konsep "konservasi, edukasi, dan rekreasi", wisatawan bisa menikmati keindahan hutan mangrove melalui jalur wisata berupa jalan titian dari kayu ulin sepanjang 2 km. Sepanjang jalur tersebut, wisatawan bisa mempelajari formasi vegetasi mangrove dan keragaman jenis vegetasi mangrove yang memiliki keunikan masing-masing.

Saat berkunjung di pagi hari, wisatawan akan disambut nyanyian merdu burung remetuk laut (Gerygone sulphurea), suara ribut burung cekakak sungai (Todiramphus chloris), dan riuhnya burung-burung penguhi mangrove lainnya. Suasana syahdu hutan mangrove saat air pasang tinggi, ramainya monyet ekor panjang yang sedang mencari makan, anggunnya burung bangau tongtong (Leptoptilos javanicus) dan elang bondol (Haliastur indus) yang terbang melayang-layang, serta rombongan burung kuntul yang melintasi perairan untuk pulang ke sarang saat senja hari, akan menjadi kenangan indah bagi wisatawan.

Dengan konsep edukasi yang diusung dalam pengelolaan Bontang Mangrove Park, maka wisatawan yang berkunjung ke Bontang Mangrove Park akan selalu diajarkan untuk menghargai alam, seperti menjaga ketenangan di dalam hutan, meminta wisatawan untuk bertanggung jawab terhadap sampah masing-masing dengan membawa kembali sampah ke luar hutan, tidak merusak tumbuhan di dalam hutan, dan tidak memberi makan satwa agar tidak mengubah perilaku satwa tersebut.

Waktu pelayanan loket Bontang Mangrove Park:

  1. Senin s.d. Kamis: 08.00 – 17.00
  2. Jumat: 15.00 – 17.00
  3. Sabtu, Minggu, dan Hari Libur Nasional: 08.00 – 17.00

Contact person: Jalani (0853 8944 5277).

 

Download SOP Objek Wisata Kutai: