Visi & Misi

Visi pengelolaan Taman Nasional Kutai adalah “Optimalnya Peran Taman Nasional Kutai Sebagai Habitat Terbaik Orangutan Morio (Pongo pygmaeus morio) dan Bagi Kesejahteraan Masyarakat”.

Berdasarkan visi yang dijabarkan tersebut maka misi pengelolaan adalah:

  1. Menjaga keutuhan kawasan, melakukan penataan dan memulihkan ekosistem yang rusak. Menjaga keutuhan kawasan bukan saja menjaga luasan kawasannya saja tetapi juga menjaga ekosistem kawasan agar tetap terjaga dengan baik. Sesuai dengan visi Taman Nasional Kutai sebagai habitat orangutan morio maka kelestarian dan keutuhan kawasan harus tetap tejaga dengan baik sehingga menjadi habitat terbaik bagi orangutan morio di Kalimantan Timur.
  2. Melindungi dan mengamankan populasi dan habitat orangutan morio dan flora fauna langka lainnya. Salah satu upaya untuk tetap menjaga habitat orangutan morio adalah dengan melakukan pengawasan yang ketat melalui pengawasan yang rutin dan terencana. Perlindungan terhadap orangutan morio juga akan melindungi kawasan secara keseluruhan.
  3. Melakukan inventarisasi dan memonitoring populasi dan habitat orangutan morio dan flora fauna langka lainnya. Untuk memastikan kondisi populasi orangutan morio terjaga dengan baik perlu melakukan inventarisasi dan monitoring secara rutin dan menyeluruh sehingga dinamika populasinya tetap terpantau dengan baik. Hal ini juga penting bagi pengambilan kebijakan agar sesuai dengan situasi dan kondisi terkini.
  4. Memberikan penyadartahuan tentang pelestarian Taman Nasional Kutai. Disisi lain dalam upaya menjaga kelestarian kawasan adalah menanamkan kepada generasi muda tentang arti pentingnya Taman Nasional Kutai bagi kehidupan manusia. Upaya ini penting untuk mengubah perilaku merusak menjadi perilaku memelihara sehingga dapat manjdi jaminan kelestarian kawasan di masa mendatang.
  5. Meningkatkan pemanfaatan Taman Nasional Kutai bagi kesejahteraan masyarakat. Untuk meningkatkan kepedulian masyarakat maka manfaat Taman Nasional Kutai bagi masyarakat harus menjadi poin penting pengelolaan. Manfaat besar yang dirasakan masyarakat khususnya bidang ekonomi akan meningkatkan kepedulian dan rasa kepemilikan yang berujung pada keinginan untuk menjaga dan memelihara Taman Nasional Kutai.
  6. Memperkuat kelembagaan Taman Nasional Kutai. Penguatan kelembagaan Taman Nasional Kutai menjadi sangat penting ditengah perubahan kebijakan daerah yang demikian pesat sehingga diharapkan dengan kelembagaan yang kuat mampu menghadapi dinamika kawasan yang terus berkembang.